tutorial install theme porto

tutorial install theme porto

Setelah melakukan order theme porto di indonesiawp.com kita bisa langsung download filenya dalam hitungan menit (1-3 menit). file yang telah di download bisa langsung di extract.

file theme porto (gambar 1)

Didalam folder theme yang sudah kita extract tadi cari file themenya yang terdapat di folder “theme files” dengan nama file porto.zip. karena file theme porto 27mb-an jadi sebaiknya langsung install themenya via cpanel. berikut Cara install theme wordpress dari cpanel.

aktifkan theme (gambar 2)

Aktifkan theme dan segera install plugin yang terdapat pada file theme yang telah di download di indonesiawp.com di folder “Plugins” disana terdapat 3 plugin. js_composer.zip, porto-functionality.zip, & revslider.zip install & aktifkan ke 3 pluginnya.

system status theme (gambar 3)

Jika theme dan plugin sudah aktif kita bisa langsung ke menu “Porto” >> “Dashboard” dan cek system status. pastikan semuanya bertanda centang hijau seperti gambar 3 diatas. Next kita bisa langsung kemenu “Setup Wizard”

menu setup wizard (gambar 4)

dimenu “setup wizard” system theme akan nge-cek ulang semuannya tinggal next-next aja 😀 selanjut install plugin yang ada di menu setup wizard.

install plugin (gambar 5)

Disini kita akan gunakan page builder elementor untuk import demo dari theme porto, centang elementor, woocommerce, contact form 7, dynamic featured image. klik continue, tunggu beberapa saat agar proses install plugin selesai.

pilih demo untuk di import (gambar 6)

disini kita akan gunakan demo dengan nama “main demo” untuk kita gunakan di tutorial ini. klik tumbnail dari demo yang akan kita install / import.

pilih page builder ( gambar 7)

Kita akan gunakan page builder elementor sebagai buildernya di theme yang akan kita import. pilih elementor dan klik “standard import” setetelah itu tinggal tunggu beberapa menit 3-6 menit, nanti akan keluar pemberitahuan import selesai. dan kita bisa langsung cek home page kita.

import selesai (gambar 8)

pada gambar 8 adalah pemberitahuan bahwa import demo sudah selesai, kita bisa langsung cek home page.

Demo terimport dengan sempurna (gambar 9)

Demo sudah terimport dengan sempurna, selanjutnya kita bisa edit halamannya menggunakan elementor, jika masih terdapat plugin wpbakery, kita bisa uninstall pluginnya.

recreate kit (gambar 10)

jika muncul error seperti gambar 10 diatas tinggal klik “recreate kit” dan sinkronkan recreate kitnya.

sinkronkan recreate kit (gambar 11)

biar ga pusing sinkronakan aja ketiganya 😀 dan DONE. Selesai, kita bisa edit sekarang dengan elementor. sampai disini semua sudah selesai dan selanjutnya bisa di edit sesuai kebutuhan. sampai disini ya cara install theme portonya. jika ada pertanyaan bisa langsung berkomentar dibawah.

Jika bermanfaat
jangan lupa di share tutorial ini ke teman-teman ya